Hal-hal Keren Tentang xkcd

xkcd adalah salah satu komik yang aku sukai. Beda dari komik lain semacam Naruto atau Superman, komik ini singkat (cuma beberapa panel) dan tokoh-tokohnya berupa stick figure tanpa wajah. Jadi gambarnya simpel banget. Selain itu tema yang diangkat juga nggak biasa, yakni ‘romance, sarcasm, math, and language’.

Menurutku xkcd terasa geek banget. Ini tentu berkaitan dengan latar belakang kreatornya, Randall Munroe. Saking geek-nya itu, beberapa komik jadi susah dipahami oleh kalangan awam (sepertiku). Misalnya saja komik #507 yang berjudul Experimentation ini..

Experimentation

Oh iya. Ketika baca xkcd, jangan lupa untuk meng-hover kursor ke atas image-nya, nanti akan muncul beberapa tulisan semacam caption yang bisa memperjelas maksud komiknya. Untuk komik #507 ini hover text-nya berbunyi: I understand large sample sizes are key to a low standard error of the mean, but the entire sophomore class?

Tetap nggak paham.

Ada orang-orang di belahan bumi sana yang memahami kebutuhan pembaca umum xkcd seperti kita yang ‘nggak geek-geek amat’ ini. Maka sekarang xkcd punya wiki dengan judul explain xkcd yang bertagline: It’s ’cause you’re dumb. Ngenyek banget nggak tuh :))

Coba tengok deh. Klik ini untuk melihat laman explain xkcd #507: Experimentation.

Selain yang geek begitu, komik xkcd juga ada kok yang gampang dipahami plus manis. Misalnya #372 yang berjudul To Be Wanted.

To Be Wanted

 

Aww.

Ada satu komik dalam xkcd yang spesial, yakni komik #1190 yang berjudul Time.

Time pertama kali dipublikasi pada 25 Maret 2013, pada saat itu hanya terlihat Megan dan Cueball yang sedang duduk santai.  Hover-text-nya berbunyi: Wait for it.

Tapi tiga puluh menit kemudian gambarnya beruubaah :o

Masih menggambarkan Megan dan Cueball yang duduk-duduk, tapi posisi tubuh mereka sudah berubah. Ini terjadi lagi tiga puluh menit selanjutnya, selanjutnya, dan selanjutnya (kemudian interval perubahannya menjadi satu jam sekali), hingga berbulan-bulan kemudian. Dari yang cuma duduk-duduk, Megan dan Cueball digambarkan membangun kastil-pasir, berdialog tentang air laut yang naik, berjalan ke perbukitan, bertemu orang-orang lain, dan seterusnya. Time yang tadinya cuma komik-satu-panel biasa akhirnya menjadi satu set cerita panjang!

Time akhirnya selesai pada 29 Juli 2013 lalu. Randall menulis tentang berakhirnya Time di blog xkcd. Total terdiri dari 3.099 gambar. Jika ingin melihat keseluruhan gambar Time, tengoklah laman Explain xkcd-nya ini.

Time
Inilah panel terakhir Time. Tidak akan berubah-ubah lagi. Hover text-nya berbunyi: The end.

Di Google Play ada sebuah aplikasi live wallpaper yang menampilkan Time. Dengan aplikasi ini wallpaper home screen kita pun berganti setiap jamnya, sesuai dengan gambar di komik. Keren kan keren kaan? :D Karena live-wallpaper ini kegiatan ‘sesekali melihat home screen’ jadi istimewa, hehe.

Dengan berakhirnya Time, live-wallpaper ini sekarang mengulang kembali cerita dari awal, dari duduk-duduknya si Megan dan Cueball.

Nah untuk kalian yang bosan dengan sajian humor mainstream, cobalah xkcd. Komiknya di-update setiap Senin, Rabu, dan Jumat. Di Google Play juga ada berbagai aplikasi xkcd browser yang sudah ditautkan dengan Explain xkcd supaya lebih mudah membacanya.

About these ads

Leave me some words

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s