Ide: Lampu Circadian

Beberapa hari ini jam tidurku cukup kacau. Kalau mau pakai bahasa kerennya, ada yang nggak pas dengan endogenous circadian rhytm-ku, hehe. Aku memikirkan beberapa cara untuk memperbaiki masalah ini. Sekarang aku punya sebuah ide.

Tapi ini masih ide saja, tidak bisa aku realisasikan. Jadi begini..

Dulu saat pertama kali dapat forward email tentang jam biologis (email itu menyarankan agar tidak tidur larut malam karena bisa memberatkan kerja hati), aku tidak percaya. Soalnya, bagaimana mungkin tubuh tahu sekarang sedang jam berapa? Padahal jam sendiri adalah buatan manusia, bukan hal alami. Begitu pikirku waktu itu.

Setelah belajar di semester ini, aku jadi paham (gaya dikit). Ada bagian di hipotalamus yang bernama suprachiasmatic nucleus, disingkat SCN. Singkatnya, SCN ini menciptakan ritme circadian-nya sendiri yang kemudian memengaruhi aktivitas bangun-tidur kita. Bagi makhluk darat, cahaya adalah faktor utama yang memengaruhi ritme SCN. Jadi cahaya memengaruhi bangun-tidur kita. Jika suasana gelap orang akan cenderung mengantuk dan jika suasana terang orang akan cenderung bangun.

Tentu saja secara alami dunia kita jadi gelap saat malam dan jadi terang saat pagi. Tapi di zaman ini kita hidup di dalam bangunan tertutup dengan lampu yang siap menerangi di malam hari. Dunia kita tetap terang walaupun malam, dan cahaya matahari pagi tidak bisa langsung masuk ke kamar kita.

Maka, aku rasa, akan berguna sekali kalau ada lampu yang bisa mati otomatis pada jam tidur yang diinginkan, dan kemudian menyala pada jam bangun yang diinginkan. Bisa jadi lebih efektif ketimbang mengandalkan suara alarm saja.

Aku belum pernah menemukan lampu yang seperti itu sih. Mungkin aku saja yang tidak tahu, atau mungkin memang belum ada yang membuat. Aku rasa ini bukan inovasi yang terlalu canggih, tapi bisa banyak berguna.

Nah, aku sendiri tidak punya basis pengetahuan elektronika. Jadi, ini adalah undangan bagi kalian untuk mencoba membuat lampu-circadian seperti ide di atas (untukku)! \:D/ Ada yang tertarik?

Published by

afina

the girl who struggle with the question, "Who am I?"

3 thoughts on “Ide: Lampu Circadian”

  1. pernah lihat langit-langit rumah (err..aku yang pernah masjid, sih) yang bisa berubah “warna” sesuai waktu harian? pagi-siang-sore-malam. mungkin cara kerja lampunya kayak gitu, nantinya. imho.

    Like

Leave me some words

