Anak-anak di Masjid

Siapa yang kalau tarawih selalu ngeliat banyak anak kecil di masjid?

Let me say this. Aku nggak suka sama kebanyakan anak-anak kecil pas tarawih.

Oke, oke, sebagian dari mereka keliatan unyu. Dengan pipi ala Afika terus pakai mukenah gitu. Sebagian pantas diapresiasi semangat beribadahnya. Tapi lebih banyak yang annoying: bikin keramaian, asyik ngobrol sendiri, dan lari-lari.

“Wajar lah.. mereka kan masih kecil.”

Seberapa kecil sih? Kalau belum sekolah memang wajar. Tapi kalau sudah SD sih harusnya paham. Masjid tempat beribadah, bukan tempat ngegawl bareng geng mereka. Anak SD itu sudah bisa diatur agar nggak ribut di kelas. Mestinya di tempat ibadah mereka juga bisa diatur bersikap serupa.

“Alah, emang kamu sendiri ga pernah jadi anak kecil?”

Well. Aku pernah kecil tapi nggak pernah ingat bikin keramaian di masjid :> “Ah masa sih??” Nah, kemarin aku mencoba mengonfirmasi ingatan ini kepada Mama.

“Dulu pas aku kecil kalo tarawih pencilakan gitu ta? Teriak-teriak atau nangis-nangis gitu?”

“Salah semua. Kamu diam di sajadah walaupun nggak shalat.”

Tuh kan ;)

Malahan, ingatan pertama yang masih aku punya tentang tarawih adalah ingatan yang…terasa menyakitkan. Kalau nggak salah itu sekitar kelas 2 atau 3 SD. Aku berangkat ke Masjid Al-Muhajirin sendirian, rencananya janjian ketemu di sana sama seorang teman. Tapi akhirnya aku nggak bisa menemukan si teman itu. Aku jadi anak kecil sendirian yang shalat di tengah-tengah ibu-ibu berbadan besar. Rasanya nakutin ><

“Emang kamunya aja yang ngga punya temen kali ya?”

Ih jahat .___. Dulu pas SD saya punya geng looh #eh

Memang sih, teman perempuan yang rumahnya deket masjid yang sama cuma Safrina. Jadi ya aku seringnya tarawih bareng dia aja. Oh, sering juga bareng Mbak Lia, mbaknya Safrina. Seingatku kita selalu bisa mengendalikan diri dengan baik kok ._.v

Apapun lah. Yang aku harapkan adalah mbak-mbak dan mas-mas yang membaca ini bisa mendidik anak-anaknya dengan baik, biar bisa shalat di masjid dengan baik :)

Selingan. Kemarin sempat ngenes deh. Di tengah-tengah jeda antar tarawih ada anak perempuan yang ribut minta diantar ke kamar mandi. Ibunya bilang apa coba? “Aah rese banget sih!” dengan nada gusar, lalu bergegas mengantar ke kamar mandi. Ugh.. -__-

 

Published by

afina

the girl who struggle with the question, "Who am I?"

One thought on “Anak-anak di Masjid”

Leave me some words

