Learn To Unlearn

Bismillah.

Aku sedang mempelajari sesuatu.

Ah, sebenarnya, aku memang akan selalu mempelajari sesuatu.

Ini tipe pelajaran yang lain, memang. Belajar menginhibisi conditioned respond yang ter-elicit spontan setelah sang conditioned stimulus menyerang. Belajar untuk melupakan pelajaran yang sudah aku kuasai benar.

Kita bisa menyebut proses belajar ini sebagai extinction.

Dan kita tahu lah, extinction bukan berarti proses unlearning. Yang sudah kupelajari tidak akan bisa hilang. Yang bisa kulakukan hanya mencoba mempelajari hal baru yang menumpuk pelajaran lama. Menutupinya. Ini adalah proses learning yang sedikit berbeda.

Ah, kenapa dulu harus mempelajari sesuatu yang akhirnya aku balik lagi proses belajarnya..

Thanks to Psikologi Belajar, aku paham bahwa di tengah proses ini akan ada beberapa kali spontaneous recovery. Ini normal, bukan berarti gagal. Ini biasa saja. Perhatikan, responnya perlahan melemah kan? Tenang saja. Aku akan menguasai pelajaran yang satu ini.

Lagipula, aku cukup pintar kok. Haha.

Published by

afina

the girl who struggle with the question, "Who am I?"

5 thoughts on “Learn To Unlearn”

Leave me some words

