Anak SMP Bicara Tujuan Hidup & Konversi Agama

Kemarin aku menemukan sebuah buku.. di dalamnya ada tulisan tangan percakapan beberapa orang.. Mari kita baca bersama.

A: Setuju gak kalo hidup itu harus punya tujuan?

B: Kalo aku sih… kadang hidup harus punya tujuan tetapi bisa jadi gak penting. Kalo aku hidup itu penuh dengan masalah jadi kita harus punya tujuan, contoh: Aku punya tujuan jadi orang yang paling bahagia tapi bagi sebagian orang, ga pentingnya itu karena kita hidup yaitu makan, tidur, kerja, sekolah, lalu mati.

C: Enggak usah pek!! Khan manusia pasti dah ditakdirkan kayak apa aja sama Allah jadi kita kan tinggal ngejalanin aja khan?? Jadi ngapain susah-susah punya tujuan…. Kalo hari ini detik ini aku mati ya… kan Allahualam masa kamu punya tujuan untuk matititi…..

D: Menurutku hidup itu harus punya tujuan, kalo gak gitu hidup bakal berantakan. Lagian juga kalo hidup gak punya tujuan buat apa hidup mending mati aja.

E: Kita gak usah mikirin hidup, mendingan kita have fun.

C: Kenapa kita harus hidup di dunia ini, terus ngapain kita hidup toh! Kalo kita pinter ya mati juga!?

A: @D Terus tujuan hidupmu apa?

D: @A Jadi orang sukses, dan bikin orang tua seneng, dan yang pasti hidup lebih lama. Kalo kamu?

A: Jadi pengusaha sukses, gak kerja untuk orang lain!

E: @A Saling kerja sama dapat membuat kita belajar tentang kebersamaan n hasil pasti lebih baik.

A: @E Nggak mesti!
@C Tanya aja sama Allah nanti kalo udah di akhirat!!!

D: Kalo seandainya kita bebas pindah agama, kamu mau belajar agama apa? (kecuali Islam)

C: Agama Khatolik/Kristen (tanya kenapa???) Karena kayaknya lucu aja Tuhan kok manusia, tapi tempat ibadahnya lucu!! (sorry ya buat yang mempunyai agama tersebut sekali lagi sorry :> )

D: Kenapa tempat ibadahnya lucu???

C: Karena semuanya pasti kalo ibadah hari Minggu dan pasti nyanyi terus kan rumahku belakang gereja tuh bunyi loncengnya… kedengeran sampai ngebangunin aku pas tidur terus tempatnya itu ada tempat duduknya n ada pianonya, itu yang buat lucu!

A: Shinto! Soalnya aku kurang tahu masalah agama ini, jadi penasaran.

Ini apaan?

Sini sini mari aku jelaskan.

Pada masa SMP-ku, yang namanya chatting sedang populer. Chatting di sini bermakna suatu percakapan dengan orang lain melalui Internet messenger. Sering kali sepulang sekolah kami pergi ke warung internet dan menghabiskan beberapa jam untuk menikmati hiburan sederhana itu. Maka suatu hari, lingkungan pergaulanku coba membawa chatting ke dalam tataran offline. Pakai kertas dan pulpen. Jadilah percakapan di atas tadi. Seingatku saat itu kami kelas satu SMP.

Aku berusaha menyalin sambil tetap menjaga keaslian tulisannya, ekspresinya, dan hanya memperbaiki beberapa kata yang disingkat-singkat dan tanda tanya/seru yang kelewat berlebih.

Membaca ‘manuskrip’ ini, aku… cukup terkaget juga. Nggak nyangka anak SMP omongannya bisa ngguambas kayak gini.

Tapi nggak papa, ini temuan yang sangat menarik. Di masa kecil hingga praremaja aku pernah menulis fiksi, buku harian, dua ‘diary bersama’ dengan sekelompok ‘sahabat’, dan beberapa offline chatting seperti ini. Aku berharap dulu menulis lebih banyak lagi supaya aku yang sekarang bisa mengenal aku yang dulu lebih luas, lebih dalam.

Dari ‘manuskrip kuno’ seperti inilah aku terpantik untuk membuat seri Diary Kecil Nina yang agak aneh itu. Ketika membaca kembali hal-hal yang aku dan teman-temanku tuliskan di masa kecil terlihat ide dan pertanyaan segar dalam susunan kata yang aneh, berantakan, dan lucu. Hal-hal semacam ini sudah kita, sebagai orang dewasa, lupakan karena begitu terbiasa dengan segala kejanggalan dan keajaiban hidup.

Omong-omong, ‘diary bersama’ ini konsep yang cukup menarik lho. Dulu kami terinspirasi oleh serial Azuki-chan. Di sana Azuki punya buku harian bersama Yunosuke yang mereka tulis bergantian. Unyu gituu, haha. Bukunya Jostein Gaarder, Perpustakaan Ajaib Bibbi Bokken, menggunakan konsep yang sama dengan menyebutnya ‘buku-surat’.

Oh iya tolong jangan tanya yang mana yang aku dalam percakapan itu. :)

Published by

afina

the girl who struggle with the question, "Who am I?"

Leave me some words

