Abnormalitas oleh Rudi Cahyo

Aku pernah mengatakan bahwa orang yang sehat adalah mereka yang menerima sakit apa adanya. Jadi usaha yang aku lakukan untuk menjadi sehat adalah mengenali setiap hal dari diriku, sehat dan sakit. Setelah menyadarinya, aku menerima sakit sebagaimana aku mensyukuri sehat yang sering kita abaikan selama ini.

Kita saja yang ke-ge-er-an merasa normal, melabeli mereka sebagai orang yang kita anggap kurang daripada kita. Mungkin saja mereka baik-baik saja sebelum kita mengintervensi kehidupan mereka dengan keharusan, menuntut mereka menjadi sama. Bentuknya bisa macam-macam, misalnya dengan mengukuhkan bahwa mereka membutuhkan sekolah. Karena kebutuhan itu diyakini, maka pengusaha sekolah jadi berlomba-lomba menjual kebutuhan mereka.

Sekali lagi, kita punya abnormalitas dan menjadi normal sampai kita menerima hal itu apa adanya.

Di semester ini aku mengambil mata kuliah Psikologi Abnormal. Sudut pandang Rudi Cahyo soal abnormalitas ini terasa menyenangkan dan menarik. Humanistik sekali ya dia ini.

Artikel seutuhnya ada di blog Rudi Cahyo.

Published by

afina

the girl who struggle with the question, "Who am I?"

Leave me some words

