Lain Kali Kalau Melewati Halte FH UI..

Lain kali kalau kamu melewati halte Fakultas Hukum UI menjelang petang hari, perhatikanlah baik-baik. Siapa tahu kamu berkesempatan bertemu dengan seorang ibu yang sedang menenteng kantung plastik merah besar berisi aneka snack. Di dalamnya ada keripik pisang, kerupuk ikan, makaroni pedas, dan sekawanannya.

Dengarkan baik-baik. Memang suaranya terlalu kecil dan nadanya terlalu lemah, tapi harusnya sih masih dapat mencapai telinga,

“Dibeli atuh neng jajanannya..”

Biasanya banyak orang melewati ibu itu tanpa melirik sedikit pun, seolah ia tak kasat mata. Mungkin lantaran penerangan yang kurang dan badannya yang kecil.

‘Insting kekotaan’ kita barangkali sudah sangat lihai memproses stimulus macam ini. Kita belajar untuk mencurigai. Kita belajar untuk mengabaikan. Sebab kalau tidak begitu, bagaimana lagi cara bertahan hidup di tengah gempuran segala macam hal yang menuntut perhatian?

Tapi kalau berkesempatan bertemu dengan ibu itu, aku sarankan untuk coba memperhatikan. Berkenalan lah dengannya. Dengarkan cerita tentang anak-anaknya. Bantulah sedikit dengan kemampuan marketing kita yang selalu berhasil menjual habis sekotak Kanisa.

Dan lain kali ketika berjalan dimana pun, kapan pun, cobalah melihat sekeliling. Aku juga masih belajar melakukan hal ini. Kita tidak pernah tahu siapa yang sebenarnya sedang ditolong, siapa yang sedang menolong.

Published by

afina

the girl who struggle with the question, "Who am I?"

One thought on “Lain Kali Kalau Melewati Halte FH UI..”

Leave me some words

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s