Perpustakaan Ajaib Bibbi Bokken oleh Jostein Gaarder & Klaus Hagerup

Ini adalah buku keempat Jostein Gaarder yang aku baca. Perpustakaan Ajaib Bibbi Bokken. Kali ini Gaarder berkolaborasi dengan Klaus Hagerup.

perpustakaan ajaib bibi bokken

Secara singkat, Perpustakaan Ajaib Bibbi Bokken berkisah tentang dua saudara sepupu, Berit dan Nils. Keduanya tinggal di kota yang berbeda dan secara rutin berkirim buku-surat untuk berkabar satu sama lain. Suatu hari muncullah seorang wanita bernama Bibbi Bokken yang diduga mengincar buku-surat milik mereka. 

Dari sana cerita berlanjut. Berit dan Nils dengan imajinasinya yang liar–dan aneh–mulai ‘bertualang’ untuk menyelidiki Bibbi Bokken lebih dalam lagi.

Aku merasa ada hal yang sama dalam setiap buku Jostein Gaarder (yang sudah aku baca). Ceritanya selalu.. ‘berlapis’. Semacam ada cerita kedua di dalam ceritanya. Begitu juga dengan Perpustakaan Ajaib Bibbi Bokken. Namun sayangnya kali ini efek berlapis itu tidak terasa menarik. Sejujurnya Perpustakaan Ajaib Bibbi Bokken adalah yang paling membosankan di antara judul lain yang sudah kubaca (Gadis Jeruk, Dunia Sophie, dan Misteri Soliter).

Satu nilai lebih yang membuat buku ini menarik adalah gaya menulis Berit dan Nils dalam buku-suratnya. Gayanya mengingatkanku pada surat-surat anak SD. Imajinasinya pun terasa ‘SD banget’, semacam hal-hal lucu yang dituangkan secara serius. Ada juga penggunaan NB., kemudian NBB., dan kemudian NBBB. Surat-surat mereka mengingatkanku pada surat-surat yang aku dan teman-temanku tulis dahulu kala.

Overall, menurutku buku ini tidak terlalu menarik. Tidak seperti buku Gaarder yang sebelum-sebelumnya. Dan seperti biasa, kalian dapat meminjam padaku jika ingin membacanya.

Published by

afina

the girl who struggle with the question, "Who am I?"

Leave me some words

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s