Vita Brevis oleh Jostein Gaarder

Pernah mengenali nama Aurelius Augustinus? Dia adalah seorang santo yang hidup pada abad ke-4 masehi di daerah Hippo (sekarang Algeria). Selain mempengaruhi perkembangan filsafat kristen-barat, pemikirannya juga banyak mempengaruhi soal ujian mata kuliah psikologi umum/sejarah aliran psikologi (haha). Augustinus ini bisa dibilang bergelimang dosa di masa muda, tapi kemudian bertobat. Iya, karena di masa mudanya dia pernah hidup bersama seorang perempuan tanpa ikatan pernikahan, tanpa persetujuan orang tua, bahkan sampai menghasilkan seorang anak. Hal-hal ini diceritakan Augustinus sendiri dalam bukunya, Confessions.

kaver Vita Brevis - Jalasutra
Nah Vita Brevis ini adalah sebuah surat panjang yang ditulis oleh perempuan bernama Floria Aemilia sebagai tanggapan atas Confessions. Teks surat kuno ini ditemukan oleh Jostein Gaarder di sebuah pasar di Buenos Aires. Setelah melalui penelusuran dan penelitian, Gaarder sampai pada kesimpulan bahwa Floria tak lain adalah perempuan itu, mantan kekasih Augustinus.

Dalam buku ini Floria tampil sebagai sosok perempuan yang berani dan terdidik. Ia menggugat ide-ide yang disampakan Augustinus dalam Confessions dan juga ajaran gereja secara umum pada masa itu. Banyak ungkapan-ungkapan filsuf terkemuka yang dikutip oleh Floria. Selain itu, tentu saja ia banyak mengingatkan Augustinus tentang kisah cinta mereka berdua.

Aku suka buku ini.

Pertama, buku ini kaya dengan ungkapan-ungkapan filsuf kuno barat dan Gaarder menyertakan catatan kaki di sana-sini untuk menjelaskannya lebih dalam. Kedua, ide-ide yang disampaikan Floria juga menarik, terasa feminis dan epikureanis. Ketiga, aku bisa menangkap berbagai ‘rasa’ dalam tulisannya. Sebagai sebuah sanggahan, tulisannya mengandung nada marah, sinis, dan mengolok. Tapi tetap saja, sebagai sebuah surat kepada mantan kekasih, ada juga nada-nada cinta dan kecewa yang jujur.

Oh ya, apa kamu percaya bahwa ini sungguhan surat yang ditulis oleh Floria Aemilia, mantan kekasih Aurelius Augustinus, dan bukannya cuma rekaan fiksi Jostein Gaarder sendiri? :)

Buku ini sedang akan kupinjamkan pada seorang teman. Kalau tertarik, kamu boleh meminjamnya setelah temanku ini.

Published by

afina

the girl who struggle with the question, "Who am I?"

6 thoughts on “Vita Brevis oleh Jostein Gaarder”

  1. aku antre pinjam juga dong. omong-omong, aku nggak gitu ngeh dengan nama Aurelius Augustinus sebenernya, tapi begitu bukunya Confessions-nya disebut, baru, ooh.. yg itu. hehehe..

    Like

    1. Boleh mas, tapi kapan ya kira-kira bisa meminjamkan? :/ Belum tahu pasti kapan akan ada di Surabaya soalnya.
      Oh gitu? Confessions itu cukup terkenal ya? Pernah dengar dari mana mas?

      Like

Leave me some words

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s