Ini Semacam Disclaimer

Dalam kolam besar dunia ini, kita beserta pikiran dan angan-angan kita berjejalan rapat-rapat sebagai butiran air. Sesekali tetesan hujan jatuh kepada kolam itu, dan kita yang berjejalan ini mengalir menyesuaikan posisi. Posisi diri, pikiran, dan angan-angan. Selain ‘intervensi takdir asing’ itu, kita sebagai individu juga tak henti-hentinya meliuk dan meluncur sesuka hati. Segala gerakan ini menjadi gelombang yang menjalar, menerpa seluruh kolam.

Menakutkan.. bahwa apa-apa yang kita lakukan akan berpengaruh pada orang lain.

Kalau sedang ‘diserang’ oleh kesadaran ini, biasanya aku jadi membeku ketakutan. Tentu saja ada kemungkinan setara bahwa perbuatanku akan memberi pengaruh baik, tapi rasanya aku lebih menghayati sisi buruk dari kemungkinan itu.

Nah kelakuan mungkin sulit untuk dilacak, tapi berbeda halnya dengan tulisan. Aku cukup mengetikkan beberapa kata yang samar-samar kuingat pada Google, dan akan muncullah di sana segala hasil perbuatanku. Riak-riak gelombang yang menyentuh orang lain itu. Ada puisi-puisi cinta yang tiba-tiba masuk ke dalam portal kumpulan puisi, dengan perubahan dan tambahan bait yang membuatnya jadi semakin mengerikan. Ada sebuah film pendek yang aku tidak tahu bakal membuat pemirsanya menangkap ide apa. Ada ulasan dalam blog orang lain tentang kata-kata yang kususun dalam situasi terdesak. Ada cerita-dibukukan yang ditulis dengan selective attention.. hampir mengarah pada kebohongan dan pengingkaran.

Hiiiy.

Aku minta maaf untuk segala kelakuan dan, terutama karena aku menyampaikan hal ini lewat blog, tulisan-tulisan yang menyita waktu, memantik ide-ide bodoh, atau membangkitkan kenangan buruk padamu. Namun bagaimanapun aku tidak mungkin berhenti sampai sini saja. Aku masih akan tetap menulis lebih banyak lagi. Lebih baik lagi.

Jadi, sudahlah. Aku harap kita menjaga diri masing-masing dari terpaan gelombang buruk dalam kolam yang ganas ini, oke?

Published by

afina

the girl who struggle with the question, "Who am I?"

Leave me some words

