Lari, Fragmen Satu: Social Facilitation

Suatu pagi, aku berlari.

Ada suara derap kaki dari belakang.

Wush. Dia menyalip.

Itu laki-laki yang tadi berpapasan denganku. Di tangannya terlilit selembar handuk kuning yang ia genggam dengan baik. Larinya cukup cepat.

Aku terdorong untuk mempercepat langkah, mengurangi jarak di antara kita.


 

Pada tahun 1898 Norman Triplett meneliti atlet dalam perlombaan bersepeda. Ia memperhatikan bahwa pesepeda berpacu paling cepat ketika mereka sedang berkompetisi dengan pesepeda lain, dan menjadi paling lambat ketika bersepeda sendirian. Triplett menduga bahwa kehadiran orang lain dalam konteks bersepeda menjadi suatu stimulus yang membangkitkan insting kompetitif kita.

Pendeknya, social facilitation adalah peningkatan performa yang terjadi ketika kita bekerja dengan kehadiran orang lain.

Dalam studinya Triplett meneliti coaction, yakni kondisi orang-orang bekerja bersama (bedakan dengan bekerja-sama). Contohnya ketika sekelompok orang menjahit bersama-sama, mengerjakan ujian dalam kelas, atau mengendarai sepeda (-nya masing-masing, bersama). Nah penelitian lain kemudian menunjukkan bahwa social facilitation juga terjadi ketika kehadiran orang lain hanya sebagai audiens. Jadi diliatin aja sudah bisa meningkatkan performa kita gitu.

(Btw, ada gak yang kalau lagi jadi imam salat bacaan suratnya suka jadi lebih puanjang? Hehe.)

Nah itu sekilas tentang social facilitation. Kapan-kapan kalau kamu merasa kurang bisa fokus dan maksimal dalam mengerjakan tugas, cobalah mengerjakannya dengan kehadiran orang lain. Orang itu nggak harus ngapa-ngapain, cukup berada di dekatmu saja.

Tapi social facilitation juga nggak selalu terjadi. Ada juga yang namanya social inhibition atau social loafing. Penelitian soal social facilitation ini sudah cukup tua dan sekarang telah berkembang lebih jauh. Kalau ingin tahu lebih dalam, cobalah cari penelitian termutakhirnya.


 

Lari.

Apakah ini cuma tentang aku yang tidak suka kalah? Ataukah tentang aku yang tidak suka melihat punggung perlahan menjauh meninggalkan?

Published by

afina

the girl who struggle with the question, "Who am I?"

Leave me some words

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s