Salam, Nung

Gunung itu ingin mengucapkan sesuatu
yang tercekat dalam kerongkong kawahnya
Aku rasa ada sesuatu yang sangat besar,
sangat kasar
bersemayam di dalam hatinya

Punggungnya menjulang kaku
seperti dihadapkan khusus padaku
Sementara ia, entah,
sibuk menyiapkan api letusan

Aku berlari-lari mengelilingi
berharap bertatap dengan mukanya
agar dapat kukatakan beberapa hal
seperti anu dan anu, atau anu dan anu
tapi yang kutemui hanya punggung

Ia menghilang, tak bisa kutangkap lagi
sebab ke dalam lah ia pergi

(Ada kemungkinan sinyal internet bisa mencapai bagian dalam gunung itu,
maka melalui puisi ini ingin kuucap salam padanya. Selamat malam.)

Published by

afina

the girl who struggle with the question, "Who am I?"

2 thoughts on “Salam, Nung”

  1. Salam, Afina.
    semoga kamu tidak memaksa dengan mantra sehingga gunung meletus. kalau gunung sampai meletus, bukankah itu artinya gunung tidak lagi menjadi gunung? kamu pasti tidak tega, kan?
    selama malam.

    Like

    1. Lho ternyata benar ya sinyal internet sampai ke dalam gunung. Sukhoi.

      Terima kasih sudah berkomentar, Nung. Aku senang. Aku juga ingin bilang bahwa tidak semua yang aku tuliskan pada puisi di atas adalah kebenaran. Kamu mungkin sudah menangkap bahwa aku memposisikan diri di sana sebagai ‘tokoh yang sudah berusaha tapi tidak berhasil’. Padahal aslinya aku adalah ‘tokoh yang bergidik, sambatan, dan menyerah sebelum mencoba’.

      Nunung, yang aku rasakan ini agak rumit. Bahkan sepertinya aku tidak ingin lagi bertatap muka denganmu. Aku tidak tahu kamu masih punya muka atau tidak. Aku ingin pergi saja ketimbang harus berhadapan dengan risiko terkena laharmu. Hiiy.

      Lalu kalau kamu sendiri, apa maumu?

      Like

Leave me some words

