Tukang Sapu Panggungmu

Pak, saya ini orang kecil
tidak pernah minta yang neko-neko
Ini panggung milik Bapak, ya
biarlah saya lewat sebentar, membersihkannya
maafkanlah kalau lantainya kurang bersih
tapi Pak,
tidak perlu menghukum saya sampai seperti ini

menyandingkan saya dengan lima orang aktor hebat..

tolong Pak, ini terlalu kejam
Bapak sengaja ya?
Njenengan tau kalau saya pernah bermimpi jadi aktor?
iya?
Njenengan mau mengecoh saya?

sebenarnya sudah lama saya ingin bilang,
“Pak, saya cuma tukang sapu panggung!
jangan memperlakukan saya seolah
layak jadi pemeran utama.”

dan Bapak pun cuma diam
memajang saya yang kaku
di antara lima orang yang asyik
bermain
tidak ada penjelasan
saya harus apa?

saya seperti boneka saja

buncah Pak,
rasanya hati saya mengembang saking senang
tapi Bapak tidak pernah memberi kepastian
hati saya pun waspada kalau-kalau dikecoh

kemudian dua malam yang lalu
seseorang menyapa saya di gang.
“Halo, kamu aktor panggung ya?”
“Err, iya,” saya menjawab ragu-ragu
dalam pertanyaannya itu saya dapat mendengar nada iri
tapi bukan jenis yang jahat
maka saya melontarkan pertanyaan-pertanyaan
dan melalui jawaban-jawaban.. semuanya jadi agak terang.

penasaran Pak, penasaran
kata seorang teman, itu sifat dasar manusia
sore itu saya menguntit Bapak
hina Pak, ampun. perbuatan saya amat rendah.
tapi apakah Bapak paham.. rasanya?

bagaimana lagi coba Pak?
di sebuah bilik kecil, gelap
Bapak berdua dengan pemain debutan itu
bicara tentang masa depan
kehidupan panggung yang indah berbintang

karena saya ini cuma orang kecil pak, sungguh,
tidak pernah minta yang neko-neko.

Published by

afina

the girl who struggle with the question, "Who am I?"

Leave me some words

