Kalau kamu datang dan menemukan pintuku tertutup,
masuklah tanpa izin. Tanpa mengetuk
Tak perlu repot membuka sepatu–kita urus itu nanti
Duduklah di manapun kamu mau
Ambil camilan dan air minum dingin

Tempat ini selalu rumahmu

Kalau kamu melangkah dengan hati-hati,
menunggu di luar, sambil memanggil namaku beberapa kali,
aku akan tahu bahwa kamu orang asing di sini
Aku akan punya waktu untuk pura-pura mati
atau, minimal, pura-pura tuli

Kalau kamu datang dan tidak menemukan pintu,
percayalah pada intuisi itu:
Ada ruang yang hangat di dalam sini
Barangkali dulu aku terlalu bersemangat membangun dinding
sambil membayangkan ketenangan dunia sendiri
Maka retakkanlah, robohkan dari segala sisi
Kita urus puing-puing itu, nanti

Tempat ini selalu milikmu

Aku tidak akan mengampuni petualang yang lancang
tapi terhadapmu aku akan jadi pelupa
Jadi seret saja kursimu ke dekat kursiku
dan mulailah bercerita tentang naga dan chimaera
Aku akan menatap lurus ke langit-langit
lalu perlahan mengernyit, meragukan diri

Akhirnya, akan kuceritakan padamu soal gravitasi
yang menahanku tetap di sini
Kemudian tentang bagaimana kamu menjelma
menjadi matahari
membebaskanku dari tarikan bumi


Menemukan tulisan ini di awan. Ditulis suatu hari pada 2015.

Membaca ini, seperti biasa, aku merasa ingin bilang “Opoo seehhh..” pada diri sendiri _ _ heum.

‘Puisi’ ini terasa manis at first glance. Tapi coba dipikir lagi dengan kepala dingin ya, Afina. Kamu mau gitu ada orang tidak permisi tidak kulo nuwun tiba-tiba masuk mengintervensi hidupmu seolah he belongs there in the first place? Bahkan tidak perlu buka sepatu! Kayak kamu jago bersih-bersih kehidupan aja. Sudah gitu orangnya berkepala besar dan bermulut lebar sok-sok menjelaskan soal segala hal?

Entah apa yang dipikirkan saat itu. Apakah ditulis dengan memikirkan orang tertentu? Apakah sedang jatuh cinta? Atau justru patah hati? Heuhh. (-___-)

Kadang aku merasa bersyukur banyak melupakan hal-hal di masa lalu.

Begitulah.

Published by

afina

the girl who struggle with the question, "Who am I?"

2 thoughts on “”

Leave me some words

