Perihal

Tentang Out of Cave

Agustus 2011. Di awal bulan Ramadhan itu aku meninggalkan kamarku dan kenyamanannya untuk berpindah ke Depok. Aku kurang menyukai perubahan drastis macam ini. Rasanya seperti dicabut kasar dari tanah empuk yang bertahun-tahun sudah memberiku nutrisi.

Aku menganalogikan diri dengan manusia purba yang harus keluar dari gua nyamannya. Out of cave. Dengan berseru kepada hati, “Oke, ini harus dijalani!” sambil percaya bahwa aku akan menemukan banyak hal menarik di tanah asing ini.. aku mulai melangkah dan mengukir tapak-tapak kaki.

Tentang Afina

Halo, namaku Afina Raida Vinci. Sejak TK hingga SMA aku biasa dipanggil Vivin. Beberapa orang memanggilku Vinci, mungkin karena kata itu yang paling mudah diingat dari namaku. Aku sendiri lebih memilih dikenali sebagai Afina agar terus teringatkan untuk menjadi lebih pemaaf. Iya, Afina berarti ‘yang memaafkan’ (Ali Imran 134).

Jika dirangkum dalam satu frasa, aku menggenggam ‘Islamic individualism’ sebagai filosofi dasar kehidupan. Aku kurang suka berhubungan dengan orang lain, tapi cenderung suka mengamati manusia. Yang jelas aku tidak makan orang kok. Jadi berinteraksi denganku sebenarnya relatif aman.

Tentang yang Dilakukan Afina

Aku pernah dengan tekun mempelajari ilmu psikologi selama empat tahun. Topik-topik yang paling menarik minatku antara lain sejarah aliran psikologi, filsafat manusia, dinamika kelompok, diri, perilaku ekonomi, dan psikologi sosial secara umum. Dalam skripsi aku membandingkan perbedaan ideologi antara pemilih Prabowo-Hatta Rajasa dan Joko Widodo-Jusuf Kalla pada Pemilihan Umum Presiden tahun 2014. Aku sangat tertarik dengan ide mengenai aplikasi ilmu psikologi dalam konteks perubahan/rekayasa sosial atau kebijakan publik.

Saat ini aku sedang mencoba tekun mempelajari iOS apps development. Random? Well, mohon doanya ya. Aku harap aku bisa menjahit keterampilan ‘sempalan’ ini ke dalam kain kehidupan besarku.

Pada tahun 2015 aku sempat mengembangkan usaha jualan buku ecek-ecek bersama seorang teman. Aku mendapat kebahagiaan yang besar dari sana. Sayangnya saat ini usaha itu sedang mandek karena kesibukan kami masing-masing. Sudah lama tidak ada stok baru. Walau begitu masih ada beberapa stok lama yang bisa kalian beli kok. Intip saja di instagram What The Book.

Aku masih terus berusaha agar bisa menjadi seorang smalane sejati: suci dalam pikiran, benar jika berkata, tepat dalam tindakan, dan dapat dipercaya.

Barangkali ada hutang atau janji yang belum tunai, tolong hubungi aku melalui
email: afinarv[at]gmail[dot]com
twitter: @vrafina

30 thoughts on “Perihal”

  1. wordpress dari dulu emang terkesan lebih cool dan classy (classy dan trashy sesungguhnya tipis saja bedanya). kalo blogspot lebih fun. mungkin efek dari template/skin/theme blog di wordpress yang pilihannya jauh lbh sedikit dan kebanyakan jauh dari kesan fun. kalo blogspot kan ber-ratus2 pilihannya di blogskins.com

    saya sendiri pindah ke wordpress setelah 3 tahun di blogspot. so far merasa puas dan menganggap wordpress lbh ringkes dan menu dashboard-nya lebih enak di-mata daripada blogspot. ya walopun gitu itu….. blog wp mboten wonten shoutbox’e…..

    Like

    1. sama mam, sejauh ini wordpress memuaskan :D
      eh tapi kalo tentang shoutbox, kadang karena gampangnya nge-shout jadi suka ada yang aneh-aneh kayak ngiklan dan link nggak jelas :/

      Like

  2. tulisannya bagus,,model baru dalam penulisan, sejauh ini catatan harian selalu dianggap baku, tapi gubahan anda luar biasa,,,saya F. Daus AR,,,(Pemimpin Redaksi Majalah Sastra Lentera) salah satu redaksi mengabarkan kalau anda hendak mengirim naskah. Maka saya katakan. Dengan senang hati kami berterimah kasih dan tentu saja menunggu naskah anda. Selain Puisi, Cerpen, Resensi Buku Sastra, Naskah Drama, dan Catatan harian juga bisa…kami tunggu…kunjugi juga blog kami: http://lenteramanagement-eo.blogspot.com/ dan kamar pribadi saya di: http://kamar-bawah.blogspot.com/
    Salam Kenal dan salam Sastra

    Like

  3. fin, laman TUQ kamu……..diperbanyak ya pertanyaan soal psikologinya. lumayan buat cari ide makalah *dari jauh terdengar teriakan PENJAHAT AKADEMIIISS*

    Like

Leave me some words

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s